Tips Mengatur Budget untuk Traveling

Halo semuanya, kali ini aku mau membagikan beberapa tips untuk mengatur budget atau keuangan untuk traveling dan selama traveling. Karena menurutku, cara ini cukup efektif dan efisien untuk mengatur keuangan kalian dan pasti tidak ribet, plus tidak merepotkan satu sama lain. 


1. Persiapan 

- Beli secara nyicil, ini akan efektif karena akan meringankan. Misalnya: bulan pertama beli tiket pesawat dulu, bulan kedua book hotel, dan bulan selanjutnya tinggal menabung saja untuk biaya keperluan di sana. 

- Tips mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan sering-sering cek di aplikasi Online Travel Agent, atau lewat Skyscanner untuk mendapatkan promo-promo karena bisa aja dapat promo yang pas dan tidak menguras kantong. 

- Tips mendapatkan tiket pesawat murah yaitu pada saat tengah malam, atau pagi hari. Pantengin terus supaya bisa dapat harga terendah. 

- Saat book hotel, jangan lupa cek kode promo yang cocok lalu masukkan kode promo tersebut supaya dapat diskon.

- Apabila pakai paylater atau credit card pastikan harus bayar sebelum tagihan muncul. Jangan sampai niat liburan tapi mikirin tagihan.

2. Pada Saat mau Berangkat 

- Siapkan budget untuk naik transportasi menuju bandara/stasiun. Siapkan pula budget untuk makan apabila akan makan di jalan.

- Sisihkan uang untuk sewa wifi di bandara/mau beli simcard di tempat tujuan.

- Apabila traveling sama teman, pastikan iuran di awal sama rata (misal per orang Rp 300.000) agar tidak membebani salah satu orang. Uang iuran itu berguna untuk bayar transport umum, makan, dan tempat wisata. 

3. Sudah di Tempat Tujuan

- Uang iuran tadi dipegang oleh salah satu orang yang ditunjuk sebagai bendahara selama perjalanan. Uang iuran itu berguna untuk membayar transportasi umum, makan, dan tempat wisata. 

- Pisahkan uang untuk beli oleh-oleh/shopping agar tidak kalap saat belanja. 

- Sisihkan juga dana darurat supaya tetap aman dan jangan digunakan apabila tidak terdesak. 

- Apabila uang iuran habis, maka bisa iuran lagi. Kalau sisa tinggal dibagi rata. 


Nah, aku bagi menjadi 3 bagian cara mengatur budgeting seperti yang aku sebutkan di atas. Menurutku, cara ini cukup efektif untuk mengatur budget kita agar tidak membengkak dan efektif serta mudah dilakukan. Apabila ada saran atau tips lainnya, kasih tahu aku di kolom komentar, ya! 


Cheers, 

Virgiawan Listyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Hadiah

Aku Tak Mau Lagi Jadi Layangmu

Baksos MP 2015