Tips Edit Foto Makin Ciamik (Pakai Aplikasi Lightroom)

 Hai guys, lama aku belum posting di blog lagi, ya. Padahal, sepertinya banyak hal yang akan aku tulis dan bisa aku post untuk aku bagikan kepada kalian. Namun, karena beberapa kesibukan jadi belum sempat aku posting di blog lagi. Oke, kali ini aku akan memposting mengenai tips edit foto agar foto kalian makin estetik dan ciamik! 

Jadi, langkah pertama kalian harus memakai aplikasi bernama lightroom. Yes, dulu memang aku tidak memakai aplikasi ini, namun memakai aplikasi edit lain yang lebih simpel. Namun, setelah beberapa belakangan ini aku jadi makin suka sama aplikasi edit foto ini. Kenapa? Berikut 5 alasan aku memakai Lightroom: 

1. Tone warna lebih lengkap yang dilengkapi pallette warna yang jauh lebih banyak dan bisa diatur warna itu saja dan tidak mengubah warna lain. Misalnya, kalian pencet pallette warna biru, maka nanti warna yang akan berubah hanya warna biru atau yang mendekati saja. Tidak semua warna akan keangkat warnanya atau menurunkan kadar warna lain. 

2. Visualisasi yang cukup menarik. Maksud di sini adalah, saat edit foto kalian tidak kesusahan untuk mengetahui hasil before-afternya. Sehingga, enak untuk dilihat dan enak untuk digunakan juga. 

3. Bisa mencerahkan foto tanpa membuat foto jadi pecah (tergantung resolusi foto juga) jadi, pada saat kalian pencet shadow, maka warna hitam akan memudar dan membuat foto kalian jadi lebih cerah. 

4. Preset yang di save akan bisa digunakan dan tidak perlu berlangganan. Ya, benar sekali. Jadi setelah kalian mengatur editan foto kalian, lalu kalian save sebagai preset, maka preset tersebut akan bisa digunakan kembali di foto lain hanya dalam 1x pencet saja. Kalian pun, bisa membeli preset-preset para influenver favorit kalian untuk digunakan di foto kalian, dan enaknya adalah tanpa perlu berlangganan.

5. Hasilnya pasti akan jadi lebih estetik. Sebenarnya ini adalah tergantung editan dan kemampuan kalian dalam mengulik sebuah foto dan bagaimana cara kalian mengatur foto sedemikian rupa. Tidak harus melulu cerah atau bagaimana, bisa juga kalian mengaturnya menjadi agak moody atau gelap. Itu tergantung kalian. So, pastikan editan kamu adalah mencerminkan ciri khas kamu, ya! 


Nah, di atas tadi aku udah menjabarkan apa saja keuntungan yang didapat pada saat kalian menggunakan aplikasi Lightroom. Bisa kalian download di Playstore atau Appstore. Selanjutnya, aku akan membahas cara edit fotonya bagaimana biar lebih ciamik! 

1. Foto Before

2. Atur di bagian Cahaya. Di sini, kalian atur saja pencahayaan, kontras, dan highlight. Kalian naik-turunkan sesuka kalian tapi ingat, jangan berlebihan sehingga warna yang akan dihasilkan tetap enak dilihatnya. 




3. Di tahap ketiga ini, kalian atur-atur bagian bayangan/shadow, terus atur rona putih, dan rona hitam. Kalau mau foto cerah, naikkan bayangan/shadow, dan rona putihnya. Lalu atur juga rona hitamnya. 

4. Di tahap keempat ini, aku cuma mengatur di bagian temperature dan corak. Di temperature, kalian sesuaikan aja kesukaan kalian apakah suka foto cold atau suka foto warm, atau tergantung tempat yang kalian datangi. Jadi sesuaikan mood yang akan anda bangun. 

5. Di tahap kelima ini, mulai memasuki ke bagian pallette warna, di pallette warna ini, aku mulai dari yang paling kiri yaitu warna merah. Per pallette warna ini, ada 3 bagian yaitu Rona, Kejenuhan, dan Luminans. Kalian atur-atur saja. Jika kalian memencet warna merah, warna yang akan berubah adalah warna yang berdekatan dengan warna merah atau warna merah yang asli. 

6. Di tahap keenam ini, aku atur warna oranyenya segini. Atur 3 bagian itu tadi, kalau untuk foto ini aku atur warna oranyenya segini. 

7. Pada tahap ketujuh ini, aku atur warna kuningnya. Menurutku, warna kuning ini cukup berpengaruh di sebuah foto yang cukup terang, karena ada warna matahari sedikit dan warna dedaunan yang sedikit kekuningan ini akan cukup berefek dan bisa membuat lebih estetik. 

8. Bagian ke delapan ini adalah yang menurutku paling berpengaruh besar. Karena kalau dilihat, 2 warna paling mnonjol di sini adalah warna biru dan warna hijau. Jadi, warna hijau di sini aku atur sedemikian rupa supaya hasilnya tetap bagus dan estetik. Atur secara hati-hati dan lihat warna hijaunya akan dibawa kemana? Atau agak kekuning-kuningan atau hijau pekat atau hijau pudar? 

9. Di tahap kesembilan, ini warna biru muda semacam warna ocean gitu kali ya? Nah di sini, wajib juga kalian atur kalau foto kalian ada langitnya begini. Atur agar langit yang dihasilkan tetap estetik, ya! 

10. Kesepuluh, kalian atur warna biru yang cukup signifikan akan mengubah tone foto kalian akan seperti apa. Hati-hati penggunaannya ya. Pastikan tetap estetik dan mendapatkan biru yang enak dilihat. Hati-hati di bagian rona. Semakin ke kiri kamu geser, semakin warnanya akan berubah total menjadi warna ocean. 

11. Di tahap kesebelas ini adalah warna ungu yang mana kalian atur saja sesuai selera kalian. Kalau tidak ada sama sekali warna ungu di foto kalian, sepertinya ini tidak begitu berpengaruh. tapi, kalau kalian sebelumnya menggunakan tone keunguan/ke-pink-an, pallette ini akan berguna. 

12. Nah finishingnya adalah, kalau masih ada yang kurang sedikit-sedikit di bagian cahaya, kalian atur sedikit-sedikit lagi. Ini sih sudah jadi ya, cuman kalau kalian mau atur lagi sebenernya masih bisa. Namun kalau aku sudah cukup puas dan selesai edit aku save fotonya. 

Nah, itu tadi adalah step by step bagaimana cara aku ngedit foto aku di Instagram aku. Silakan mampir dan follow Instagram aku ya @Virgigiss di Instagram aku, aku sering banget posting mengenai traveling yang aku lakukan ke beberapa tempat dan beberapa negara yang aku kunjungi! Jangan lupa di follow dan likes foto aku, ya! Oke sekian itu saja tips dari aku. Semoga bermanfaat buat kalian! 


Cheers, 
Virgiawan Listyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Hadiah

Aku Tak Mau Lagi Jadi Layangmu

Baksos MP 2015