Reflection

Sekarang, aku sedang berpikir, bagaimana kita bisa berjuang di dalam perkuliahan kita...

       Aku, aku memilih prodi Manajemen Pendidikan di UNY yang notabene adalah prodi non-kependidikan yang sudah cukup lama berdiri di UNY dan sudah memiliki reputasi baik di kampus. Tapi, aku memutuskan untuk memilih prodi ini bukan karena apa-apa. Aku berpikir ingin memilih apa lebih dari beberapa bulan sebelumnya.
       Mungkin, banyak dari kalian yang menanyakan hal yang sama padaku.
"Jurusanmu itu pendidikan po? Jadi guru?"
"Apa jurusanmu itu berbau administrasi banget?"
"Jurusanmu baru po?"
Dan lain-lain sebagainya.
       Jurusanku ini, begitu unik. Entah kenapa, aku baru bisa memahaminya setelah aku duduk di semester 6. Maka dari itu, aku bisa menulis ini setelah aku tahu seluk-beluk jurusanku ini, kalau dulu, kan belum tahu banyak, kan? Ya sesimpel itu.
       Kami di jurusan ini, membahas apa saja mengenai administrasi, dan manejemen, juga tentang pendidikan tentunya. Ada humas, keuangan, peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, supervisi, dan masih banyak lagi. Dan juga, ingat jurusanku non-kependidikan, bukan kependidikan yang notabene akan jadi guru.
       Aku berjuang di sini, di jurusan yang bisa dibilang asyik tapi juga memusingkan, terkadang. Ya, ada pusing-pusingnya gitu setiap kita mengerjakan tugas.
       Jujur, dulu saat SNMPTN aku tidak memilih jurusan ini sebagai pilihanku, namun di saat SBMPTN atau tes tertulis, aku menjadikan jurusan ini sebagai pilihan pertamaku dan Alhamdulillah sekali aku bisa masuk di jurusan ini. Banyak hal yang bisa kupelajari, dan sekali kita ke lembaga pendidikan, kita bisa menjadi paham "oh gini, jadi gini to" ya semacam itu.
       Intinya, aku bersyukur bisa berada di sini. Bisa merasakan apa itu kuliah yang banyak orang menginginkannya. Tanpa disadari, sekarang sudah di semester 6 dan akan dihadapkan pada KKN, PPL, dan tentunya Skripsi.
       Aku ada sedikit kata-kata, yang mungkin, setidaknya, bisa membuatmu termotivasi:

Berjuanglah selalu,
kelak kau akan tahu rasanya kemenangan,
gantungkan harapanmu, cita-citamu, dan asamu
Bahwa, sebenarnya tak ada harapan yang tinggi,
Melainkan yang ada usahamu yang harus tinggi,

Janganlah menyerah,
Janganlah kalah,
Janganlah patah,
Kuatlah selalu,
Pegang teguh visimu,
Kau bisa! Bisa karena kau mampu
Keberanianmu,
Perjuanganmu,
Pengorbananmu
Tak akan pernah sia-sia

Tak akan ada yang pernah sia-sia
Apapun itu,
Teruslah melangkah,
Jangan patah

Regards,
Virgiawan L.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Hadiah

Aku Tak Mau Lagi Jadi Layangmu

Baksos MP 2015