Eksotika Desa Wisata Grogol

           Dimulai tahun 2000-2001 desa ini resmi menjadi desa wisata yang dicanangkan oleh Dinas Pariwisata. Desa ini mempunyai cerita yang cukup unik. Mau tahu?
           Ada sebuah cerita, yaitu Desa Wisata Grogol ini adalah jalur dakwahnya Sunan Kalijaga. Ada mata air yang Sunan Kalijaga istirahat di situ. Ada maqom (jejak) spiritual, dahulu di sini adalah Pasar Grogol. Riwayatnya adalah zaman dahulu ada pedagang dan dia bernazar "Jika Kudaku sembuh, aku akan sedekah di sini". Akhirnya pun terkabul. Dan, jika doa di sini, pasti terkabul, alhasil Jum'at Pahing banyak orang datang mengunjungi Desa ini dan berdoa di Ngidang.
            Lalu, terbentuklah menjadi Desa Wisata Budaya Grogol. Tahun 2010 dibuatlah organisasi forum dan dibuatlah menjadi Desa Wisata, dan dipromosikan, di komersialkan. Tetapi sekarang berkembang, tidak hanya untuk budaya/seni tradisi, melainkan ada outbondnya dan mulai tahun ini akan memoles paket-paket wisata. Desa Wisata ini terinspirasi dari Pindul. Sehingga terbentuklah Desa Wisata Budaya Grogol.
          Banyak yang bisa dilakukan di Desa Wisata ini, kita bisa berputar-putar mengelilingi Desa ini dengan sepeda, mengunjungi pembuatan tempe dan tahu, melihat pembajakan sawah, membatik, bermain gamelan, outbond dan masih banyak lagi. Beras kencur dan kunir asem pun menjadi ritual wajib sebelum memulai aktivitas di Desa ini jika kita sebagai pengunjung, dan menjadi sebuah kearifan lokal.
           Dana dari PNPM Mandiri dan Dinas Pariwisata menyumbang untuk perkembangan Desa Wisata Grogol ini.
           Di daerah ini pula juga masih membuat gerabah yang kecil-kecil seperti panci kecil dan lain-lain untuk upacara adat. Menarik bukan?(Artikel tentang desa wisata)
          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Hadiah

Aku Tak Mau Lagi Jadi Layangmu

Baksos MP 2015