Perjalanan ke Korea Selatan: Part 1

Mengunjungi salah satu negara impianku sejak dahulu, Korea Selatan
Mimpi itu terwujud Bulan Mei 2019. Gratis pula, Alhamdulillah banget. Aku berangkat dari Yogyakarta menuju Seoul, namun transit terlebih dahulu di Singapore hanya sebentar saja tidak lebih dari 30 menit. Waktu yang sangat singkat untuk berpindah pesawat dan terminal, dari Terminal 2 pindah ke Terminal 3 Changi International Airport. Perjalanan dari Singapore ke Seoul memakan waktu 6,5 jam dan untungnya di pesawat ada inflight entertainment untuk membunuh kebosanan. Lalu, sampailah kami di Seoul dan untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Incheon International Airport, Seoul pada malam hari. Tiba di Korea Selatan bulan Mei adalah musim semi, di mana suhu masih cukup dingin sekitar sepuluh derajat Celcius. Tiba di Seoul malam hari, namun destinasi pertama adalah ke kota Daegu yang berjarak sekitar 4 jam dari kota Seoul. Dengan menggunakan bis, kami menuju kota Daegu.
Terbang dari Yogyakarta, Bandara Adi Sutjipto
Tiba di sana dini hari dan langsung menuju hotel di mana hotel kami terletak di Dongmyeong-myeong, Chilgok-gun, Gyeongsangbuk-do. Sekitar 20 menit dari pusat kota Daegu. Omong-omong, Korea Selatan adalah negara yang sekitar 70% negaranya adalah pegunungan dan perbukitan, sehingga tidak heran apabila pemandangan hotel adalah bukit-bukit hijau dan tanahnya tidak rata, tapi jalanan di sini selalu lurus dan tidak naik turun karena banyaknya terowongan yang dibuat dan mempermudah arus lalu lintas.
Tiba di Kota Daegu (대구) sekitar pukul 03.00 dini hari, lalu tidur sebentar untuk istirahat setelah perjalanan panjang dari Indonesia. Lalu bangun, bersih-bersih dan bersiap untuk sarapan. Sarapan pada saat itu adalah sereal jagung dikasih susu, telur omelet, dan kimchi. Duh, bukan makanan Indonesia banget, tapi ya mau tidak mau harus dimakan biar ada tenaga. Kita punya beberapa waktu untuk foto-foto di depan hotel, sebelum berangkat ke pusat kota.
DGB di Daegu, Korea Selatan

Penginapan kita (DGB) di Daegu, Korea Selatan
Kita naik bus untuk menuju pusat kota Daegu. Kesan pertama sampai di kota Daegu adalah, bersih banget, rapi, dan ramai. Ramai banget, dan banyak pusat perbelanjaan serta banyak orang yang jalan kaki di sini. Banyak banget warga kota berjalan di kota dan semua berpenampilan rapi, banyak gedung-gedung tinggi juga dan udaranya agak sejuk-hangat sekitar 12-16 derajat Celcius pada siang hari. Suhu yang enak untuk berjalan kaki di kota.
Kita persiapan untuk penampilan pertama kita dan akan dilaksanakan di alun-alun kota. Tampil sekitar pukul 17.30 dan hampir senja namun maghrib di sama pukul 19.30. Seruu banget, 22 negara ikut berpartisipasi dalam Daegu Colorful Festival. Sehingga meriah dan ramai penonton.
Malam hari di Daegu udara tambah dingin dan selesai penampilan kita makan mie ramyun yang berkuah bening.