Hobiku, Pekerjaanku

       Gembira Loka merupakan satu-satunya kebun binatang yang ada di Provinsi DIY, tepatnya di kota Yogyakarta dan beralamat di Jl. Kebun Raya No. 2 Yogyakarta ini mudah diakses dari mana pun.
       
       Kebun binatang ini juga mempunyai banyak fasilitas pendukung, seperti Taring (Transport Keliling), kapal katamaran, perahu kayuh, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada fasilitas yang berupa jasa salah satunya adalah berfoto yang langsung jadi, serta terdapat di mana-mana.
       Pagi menjelang siang sekitar pukul 10.00 WIB, saya mendatangi seorang Bapak yang sedang duduk menunggu pelanggannya yang tidak jauh dari kolam. Bapak tersebut akrab disapa Pak Prapto yang sedang mencari pelanggannya untuk berfoto. Pak Prapto ini sejak dulu hingga sekarang menggeluti bidang fotografi. Ia sudah bekerja selama 32 tahun sebagai fotografer di kebun binatang yang terletak di Kecamatan Umbulharjo ini. Awalnya, memang Pak Prapto ingin bekerja di sini sebagai fotografer dan akhirnya impiannya terwujud kira-kira di tahun 1982.
       Pak Prapto lebih memilih menjadi fotografer karena memang sejak dulu sudah mencintai bidang fotografi dan fotografi menjadi hobinya, bahkan juga menjadi bagian dari hidupnya. "Saya sudah sejak dulu hobi fotografi, bahkan sejak zaman polaroid," ujarnya sembari sesekali berteriak kepada pengunjung agar menggunakan jasanya.

       Pelanggannya yang berasal dari Jakarta, Jawa Timur, dan daerah-daerah lainnya sering memuji Pak Prapto karena hasilnya memuaskan pelanggan. Bahkan, Pak Prapto pernah menjadi Koordinator Terbaik di Kebun Binatang Gembira Loka ini. Tidak hanya itu saja, Pak Prapto pernah menjuarai perlombaan fotografi tingkat provinsi  dan menduduki peringkat ke-2.

       Usaha seperti yang digeluti oleh Pak Prapto ini memang ada suka dan dukanya. Ada kalanya saat banyak pengunjung seperti dari TK dan PAUD banyak menggunakan jasanya dan ramai permintaan, bahkan sesekali Bapak ini menggratiskan. "Saya terkadang menggratiskan, karena agar pelanggan senang, anak-anak kan juga ikut senang," katanya seraya tersenyum. Tetapi, saat musim hujan terkadang pengunjung menurun sehingga pendapatan pun juga ikut turun. Walau begitu, Pak Prapto tetap betah dan senang bekerja di sini karena suasananya yang begitu sejuk, asri, dan hijau membuat Pak Prapto nyaman untuk bekerja di sini. Bahkan, banyak juga dari anggota keluarganya juga ikut bekerja di sini seperti adiknya, anaknya, dan kedua keponakannya.
       Dulu Pak Prapto pernah mengalami masa-masa sulit di mana saat itu tejadi krisis moneter yang melanda Indonesia sehingga menyebabkan jumlah pengunjung anjlok dan sangat sedikit. Tentunya, ini menyebabkan pendapatan berkurang dan Pak Prapto kekurangan permintaan. "Dulu saat krisis moneter, pengunjung sedikit sekali." tuturnya menjelaskan tentang keadaan Gembira Loka saat Indonesia dilanda krisis moneter. Namun, Pak Prapto bisa melewati itu semua dan tetap bertahan sebagai karyawan kebun binatang yang menjadi primadona warga Kota Yogyakarta ini.
       Sekarang, ia sudah menjadi karyawan senior. "Saya dibebaskan masuk kapan saja, bahkan cuma di Hari Minggu, karena hari-hari lain sudah ada anak-anak," katanya sembari tertawa ringan. Kini, ia tetap melanjutkan pekerjaan sekaligus hobinya itu di Hari Minggu karena hari-hari lain ia mempunyai kesibukan lain di rumahnya. Lagipula, ia juga bebas masuk kapan saja dan ia memilih Hari Minggu untuk bekerja di Gembira Loka agar ia mempunyai kesibukan sekaligus melakukan aktivitas hobinya. Walau sudah tua, ia memiliki hobi seperti anak muda. #ReportaseILoveZoo 
       

Komentar

  1. like it!
    salmashawolover.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Duh, sayangnya Pak Prapto nggak bisa ikut lomba fotografi di event I Love Zoo kemarin :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Hadiah

Aku Tak Mau Lagi Jadi Layangmu

Baksos MP 2015